Fakta Sehat Ginkgo Biloba yang Perlu Anda Tahu

Fakta Sehat Ginkgo Biloba yang Perlu Anda Tahu

Ginkgo biloba atau maidenhair, telah lama disebut-sebut memiliki khasiat yang menakjubkan bagi kesehatan. Bahkan, masyarakat China telah memanfaatkan daun dan buahnya sejak ribuan tahun lalu, terutama untuk mengobati penyakit jantung dan penyakit yang berkaitan dengan paru-paru seperti asma dan bronchitis. Saat ini ginkgo tersedia dalam bentuk kapsul, seperti tablet, ekstrak cair, dan daun kering untuk teh.

Banyak fakta tentang ginkgo biloba yang perlu Anda ketahui karena manfaatnya yang besar bagi kesehatan tubuh dan otak. Berikut ini fakta tentang ginkgo biloba:

Tinggi antioksidan

Komponen ginkgo yang paling tinggi manfaatnya adalah flavonoid, yang memiliki kualitas antioksidan kuat, dan terpenoid, yang membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah dan mengurangi “kelengketan” dari trombosit. Antioksidan bertugas memerangi atau menetralisir efek merusak dari radikal bebas.

Mengurangi peradangan

Bertahun-tahun penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ginkgo dapat mengurangi penanda peradangan baik pada sel manusia maupun hewan dalam berbagai keadaan penyakit. Beberapa kondisi tertentu dimana ekstrak ginkgo telah terbukti mengurangi peradangan, meliputi radang sendi, penyakit usus yang teriritasi (IBD), kanker dan penyakit jantung.

Meningkatkan sirkulasi dan kesehatan jantung

Salah satu manfaat penting dari ginkgo biloba adalah meningkatkan aliran darah ke berbagai bagian tubuh, termasuk ke ginjal, hati, dan jantung. Satu studi pada orang dengan penyakit jantung menyebutkan adanya peningkatan aliran darah ke beberapa bagian tubuh setelah mengonsumsi ginkgo biloba. Penelitian tambahan juga menunjukkan efek perlindungan ginkgo pada kesehatan jantung, kesehatan otak, dan pencegahan stroke.

Mengurangi gejala gangguan psikiatri dan demensia

Ginkgo telah berulang kali dievaluasi kemampuannya untuk mengurangi kecemasan, stres dan gejala lain yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan. Memang, tidak dapat disimpulkan bahwa ginkgo mengobati Alzheimer dan bentuk lain demensia, tetapi kemungkinan dapat membantu ketika dibarengi dengan pengobatan konvensional.

Meningkatkan fungsi otak

Ada beberapa spekulasi bahwa ginkgo dapat meningkatkan fungsi otak pada individu yang sehat. Sejumlah kecil penelitian mendukung gagasan bahwa suplementasi dengan ginkgo dapat meningkatkan kinerja mental dan kesejahteraan yang dirasakan. Para peneliti percaya bahwa ginkgo meningkatkan fungsi kognitif karena meningkatkan sirkulasi darah yang baik ke otak dan melindungi otak dan bagian lain dari kerusakan saraf. Meski demikian, penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk menguatkan temuan tersebut.

Meringankan gejala kecemasan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatric Research7, menemukan bahwa orang-orang dengan gangguan kecemasan umum yang mengambil ginkgo mengalami bantuan kecemasan yang lebih baik daripada mereka yang mengambil plasebo. Namun, orang yang menggunakan Xanax untuk kegelisahan sebaiknya tidak menggunakan ginkgo, karena ginkgo dapat mengurangi efektivitas obat.

Memperbaiki glaucoma

Satu penelitian kecil mengamati perbaikan dalam penglihatan orang-orang dengan glaukoma yang mengambil 120 miligram sehari gingko selama 8 minggu. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa gingko dapat membantu orang dengan degenerasi makula untuk menjaga pandangan mereka lebih lama.

Efek samping

Kemungkinan efek samping dari ginkgo biloba meliputi mual, diare, pusing, sakit kepala, sakit perut, gelisah dan muntah.

Seperti suplemen lainnya, Anda perlu berkonsultasi terlebih dengan dokter sebelum mengonsumsi ginkgo biloba.

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/263105.php https://www.healthline.com/nutrition/ginkgo-biloba-benefits#section4 https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-ginkgo/art-20362032
Kembali ke blog